Kelas Inspirasi Sekolah Bersama Wakil Walikota dan Ketua DPRD Kota Depok

Kelas Inspirasi Sekolah Bersama Wakil Walikota dan Ketua DPRD Kota Depok

January 16, 2019 Uncategorized 0

Kelas Inspirasi Sekolah Bersama Wakil Walikota dan Ketua DPRD Kota Depok

Proses pembelajaran bukan hanya terjadi di dalam kelas, materi pembelajaran tidak melulu yang tertera di dalam buku pelajaran serta tenaga pengajarnya tidak selalu guru. Belajar itu cakupannya sangat luas dari segi materinya, tempatnya dan juga orang yang mengajarkannya bisa siapa saja. Yang penting adalah kita mau peka dan membuka diri mengambil ilmu dan pengalaman secara selektif kemudian dipilah mana yang bermanfaat dan tidak serta mana yang baik dan buruk untuk kita lakukan dalam hidup kita kelak.

Pengalaman seseorang juga bisa dijadikan bahan ajar bagi para peserta didik. Cara dan sikap orang tersebut terhadap hidupnya dan segala usaha yang dilakukan sampai dia meraih yang dicita-citakan merupakan hal berharga yang bisa disebarkan kepada kaum muda. Karena dari cerita perjalanan hidup itu  ada suka duka, disini para peserta didik bisa belajar kalo hidup adalah proses, naik turunnya kehidupan adalah wajar untuk dijalani dan segala sesuatunya butuh upaya keras untuk meraihnya.

Itulah yang disampaikan pada Kelas Inspirasi Sekolah Cakra Buana oleh Wakil Walikota Depok, Bapak H. Pradi Supriatna, M.Si dan Ketua DPRD Kota Depok, Bapak Hendrik Tangke Allo, S.Sos pada tanggal 22 & 29 Oktober 2018. Kedua tokoh Organisasi Perangkat Daerah Kota Depok ini menceritakan tentang proses perjalanan hidup mereka.

Bapak Ketua DPRD Kota Depok misalnya, menceritakan tentang proses beliau menimba ilmu di daerah asalnya di Tana Toraja yang jauh dari kemajuan zaman. Bersekolah masih menggunakan seragam seadanya dan tanpa alas kaki serta harus berjalan kaki menuju sekolah. Sampai akhirnya Beliau hijrah ke Pulau jawa mengambil sekolah pilot dan berhasil menerbangkan pesawat kemudian berganti profesi menjadi politisi dengan perjuangan karir yang panjang hingga sekarang menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Depok. Pesan Beliau saat kelas Inspirasi adalah “Untuk Sukses, kita harus Percaya Diri”.

Berbeda lagi dengan yang disampaikan oleh Wakil Walikota Depok, Bapak H. Pradi Supriatna, M.Si. Beliau bercerita tentang kemandirian Beliau yang telah beliau mulai dari semasa duduk dibangku Sekolah. Beliau tidak malu melakukan berbagai pekerjaan halal selepas belajar di sekolah. Hal tersebut memang melelahkan namun perjalanan hidup mengharuskan Beliau melakukan hal tersebut dengan ikhlas dan mengambil pembelajaran dalam tiap prosesnya. Hasil yang bisa dipetik adalah Beliau terbiasa bekerja keras dan berkomitmen terhadap tiap hal yang dilakukan, terbukti sebelum menjadi Wakil Walikota Depok Beliau telah memiliki banyak perusahaan dan menjadi pengusahan yang cukup sukses di Kota Depok. Sampai hingga akhirnya, di tengah kesuksesannya beliau terpanggil untuk terjun ke dunia politik dan ikut dalam Pemilihan kepala Daerah (PILKADA) Kota Depok pada tahun 2017 dan terpilih menjadi Wakil Walikota Depok periode 2017-2022 mendampingi Walikota depok terpilih dan menjabat sampai dengan saat ini. Pesan Beliau adalah “Letakan hatimu diujung lidahmu”. Makna dari pesan Beliau adalah untuk kita selalu bersikap jujur dan berbuat baik kepada siapa pun dalam menjalani hidup kita.

Melalui Kelas Inspirasi ini Sekolah Cakra Buana ingin mewujudkan visinya yang tidak hanya membangun kemampuan akademik dan angka di dalam kertas raport para siswanya namun juga berkonsentrasi pada pembentukan dan tumbuh kembang karakter peserta didiknya. Salah satunya adalah kegiatan ini yang juga merupakan kegiatan pembelajaran  tentang kehidupan bermasyarakat yang nyata dan telah dilalui serta belajar bersikap menghadapinya. Dalam hidup juga ada nilai-nilai yang diajarkan, tidak semata-mata ada dibuku tapi juga dari keseharian dimana dalam hidup kita ada adab dan norma yang sudah diterapkan oleh para pendahulu kita. Khususnya untuk Indonesia banyak budaya baik dan adab pergaulan yang bisa kita wariskan bagi para generasi muda penerus Bangsa. Salah satunya adalah yang kita bisa pelajari dari dua tokoh tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *