Pameran Gelar Kriya Siswa/i Sekolah Cakra Buana

Pameran Gelar Kriya Siswa/i Sekolah Cakra Buana

January 16, 2019 Uncategorized 0

Pameran Gelar Kriya Siswa/i Sekolah Cakra Buana

Salah satu yang harus ditanamkan bagi para generasi muda penerus Bangsa adalah rasa peduli, simpati dan empati terhadap sesamanya manusia, apalagi pada sesama warga Negara Indonesia. Indonesia sudah ditakdirkan sebagai Negara dengan daerah yang berpotensi bencana cukup luas, yang tersebar diberbagai pulaunya. Salah satu yang baru terkena musibah cukup besar dan menarik perhatian seluruh negeri adalah bencana alam tsunami yang terjadi pada tanggal 28 September 2018 yang terjadi karena gempa bumi berkekuatan 7,4 SR di Palu dan Donggala.

Sekolah Cakra Buana tidak mau tinggal diam dan berpangku tangan. Bencana yang cukup besar pastinya membutuhkan bantuan dan sinergi yang besar pula dari seluruh rakyat Indonesia yang didalamnya juga terdapat Civitas Sekolah Cakra Buana. Sebagai sebuah lembaga pendidikan, Sekolah Cakra Buana merasa perlu menggunakan cara yang berbeda dalam mengumpulkan donasi yang tentunya memberikan nilai-nilai dan menanamkan karakter yang baik bagi peserta didiknya. Kegiatan pengumpulan donasi yang dilakukan sepenuhnya melibatkan siswa dengan cara para siswa membuat karya dalam pelajaran yang dilakukan. Karya yang dihasilkan berupa produk seni, produk tanaman, produk daur ulang, product photography dan broadcasting. Karya para siswa ini kemudian dipajang dan dipasarkan untuk dilelang atau dibeli oleh para pengunjung pameran yang dibuka pada tanggal 15 November 2018 selama satu minggu dan ditutup pada tanggal 23 November 2018, sehari sebelum Hari Puncak Perayaan Ulang Tahun ke-19 Sekolah Cakra Buana.

Yang mengejutkan adalah cara ini mendapat respon dan apresiasi sangat besar dari seluruh orang tua dan tamu undangan yang hadir pada saat pembukaan Pameran Gelar Kriya tersebut, terbukti dengan banyaknya orang tua yang hadir dan juga tamu undangan dari berbagai instansi pemerintah, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Kecamatan dan Kelurahan yang ada di Kota Depok. Para orang tua dan tamu undangan mengapresiasi dengan cara membeli karya para siswa tersebut dengan harga yang terbilang fantastis sehingga terkumpul dana sebesar Rp. 57.238.000 (Lima puluh tujuh juta dua ratus tiga puluh delapan ribu rupiah). Ini merupakan cara dari Sekolah Cakra Buana untuk melibatkan para siswa dan menjadikan kegiatan penggalangan dana ini sebagai wadah kreativitas dan inovasi serta mengasah bakat entrepreneur para siswa. Sehingga para siswa juga merasakan bahwa untuk mencapai sesuatu yang baik harus melalui usaha yang sungguh-sungguh sehingga memperoleh hasil yang maksimal.

Dalam membuat karya tersebut para siswa harus melalui berbagai proses dari mulai membaca teori, mengikuti workshop, proses pembuatan hingga produk tersebut jadi dan siap dipamerkan. Inilah hasil jerih lelah para siswa, dari karya mereka bisa menyumbangkan jumlah uang yang fantastis untuk membantu saudara-saudara di Palu dan Donggala. Adapun bantuan tersebut disalurkan melalui PMI Kota Depok yang penyerahannya dilakukan pada saat Acara Puncak Perayaan Hari Ulang Tahun ke-19 Sekolah Cakra Buana, oleh Ibu Ketua Dewan Pembina Yayasan Cakra Buana, RR. Siti Nurul, SE kepada Ketua PMI dan Wakil Walikota Depok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *