Siswa SMA Cakra Buana Ujian Praktik Tari

Siswa SMA Cakra Buana Ujian Praktik Tari

August 27, 2020 Uncategorized 0

 

DEPOK – SMA Cakra Buana yang berbasis pada Kurikulum 2013, tentunya jadi ada dua ujian praktik Seni dan Budaya dari empat cabang seni yang ada, yakni Seni Rupa yang wajib, dan Seni Tari yang menjadi ujian pilihan. Semua ujian itu berlaku untuk siswa kelas XII, baik IPA ataupun IPS.

Guru Seni dan Budaya SMA Cakra Buana, Widya Bintrayani mengatakan, mereka mengambil ujian praktik tari tradisional ataupun tari tradisional kreasi. Ada berbagai macam tarian yang bisa mnejadi pilihan siswa, yakni TariManuk Dadali, Tari Tor-tor, Tari Dayak, Tari Kipas, Tari Piring, Tari Sajojo, Tari Maumere, Tari Bajidor Kahot, dan Tari Bali Kreasi.

“Siswa diberikan kesempatan untuk berlatih selama dua bulan, yakni pada saat jam mata pelajaran seni dan budaya, selama sepekan sekali selama 90 menit berlatih,” ucapnya kepada Radar Depok.

Widya menuturkan, tari yang ditampilkan siswa adalah tari yang secara berkelompok. Ada beberapa kriteria penilaian, yakni tiga W, yakni Wirama, Wiraga, dan Wirasa. Wirama adalah penilaian terhadap ketrampilan gerak dan motorik, Wiraga adalah ketepatan gerak dengan nada atau tempo lagu, sedangkan Wirasa adalah harmonisasi Wiraga dan Wirama dan juga kesesuaian kostum.

“Jumlah siswa yang ikut dalam ujian praktik, yakni 57 siswa dari kelas XII,” terangnya.

Widya menjelaskan, dengan ujian praktek tari tradisional ataupun trasldisional kreasi diharapkan bisa memupuk terus rasa kecintaan siswa terhadap budaya bangsa dengan mengenal beberapa macam tari tradsional khas indonesia.

“Anak muda harus bisa lebih baik lagi dalam menjaga atau melestarikan seni dan budaya Indonesia,” tuturnya. (peb)

 

 

Berita dapat dibaca pada link di bawah ini :

https://www.radardepok.com/2018/03/siswa-sma-cakra-buana-ujian-praktik-tari/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *