Workshop SMK Cakra Buana untuk Mental Siswa

Workshop SMK Cakra Buana untuk Mental Siswa

August 27, 2020 Uncategorized 0

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS – Memberikan pandangan siswanya tentang dunia kerja di pertelevisian, SMK Broadcasting Cakra Buana mengadakan workshop dengan tema membentuk karakter dan mental yang handal untuk generasi milenial dalam bidang broadcasting. Dalam kegiatan yang diadakan di Home Teater Yayasan Cakra Buana dan Bintara tersebut, yang menjadi narasummbernya adalah Anggota Dewan Pers, Jimmy Silalahi.

Dalam kesempatan tersebut, Jimmy Silalahi mengatakan, bekerja di dunia pertelevisian bukan menjadi pekerjaan yang mudah, tetapi kedepannya peluang kerjanya akan menjadi lebih besar, karena sekarang ini sudah masuk dalam dunia televisi (tv) digital. Bahkan, sekarang di era menjelang dunia tv digital saja, sudah ada 435 stasiun tv, dan diperkirakan saat Indonesia sudah memasuki era dunia tv digital akan ada 1.080 stasiun tv.

“Tetapi tantangannya tentu akan lebih besar lagi. Oleh karena itu, tidak hanya sekedar memiliki ketrampilan dalam dunia broadcasting, tetapi juga mental yang kuat dalam menghadapi era tv digital,” ucapnya.

Jimmy menjelaskan, kekuatan mental sangat penting dalam dunia media pertelevisian. Karena, peran dari pers adalah menyebarkan informasi dengan akurat, tidak dicampurtangani dengan berbagai kepentingan. Dimana, pada sebelum masa kemerdekaan, pers sebagai wadah perjuangan, lalu usai kemerdekaan mulai dalam masa pembangunan Indonesia. Setelah memasuki era 1999 sekarang pers sebagai kontrol sosial dalam menyebarkan apa yang terjadi.

“Sebelum reformasi di tahun 1999 atau di era Orde Baru, pers dikungkung oleh pemerintahan. Tetapi, setelah itu sampai sekarang ini adalah masa kebebasan pers. Tetapi, semua harus dalam ruang etika, dan itu yang harus dipahami sebagai pelaku dunia media pertelevisian,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMK Broadcast Cakra Buana, Suhartini menuturkan, workshop yang diadakan pihaknya untuk memantapkan persiapan siswa setelah lulus sekolah. Jadi, mereka sudah mendapatkan bayangan apa yang akan dijalani dan dilakukan setelah lulus, dan masuk ke dunia kerja di pertelevisian. Terutama dalam persiapan mental siswa, tidak hanya sekedar kemampuan kompetensinya saja.

“Tidak hanya persiapan untuk terjun ke dunia pertelevisian saja, tetapi siswa juga dipersiapkan jika ingin meneruskan pendidikan ke dunia perkuliahan,” terangnya. (peb)

 

Berita dapat dibaca pada link di bawah ini :

https://www.radardepok.com/2019/04/workshop-smk-cakra-buana-untuk-mental-siswa/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *