Rencana Liburanku

Rencana Liburanku

December 31, 2020 Uncategorized 0

Selesai sudah PAS dan classmeeting di sekolah. Liburan pun terpampang di depan mata. Horeee! Wah, sebagian kalian pasti sudah berkhayal akan menghabiskan liburan di luar kota, menginap di rumah nenek atau paman kalian. Atau liburan mengunjungi tempat wisata yang ada di Indonesia seperti tahun lalu, bahkan bepergian ke luar negeri. Eit, tunggu dulu! Senang sih senang. Tetapi pandemi COVID-19 belum selesai, nih. Bahkan vaksin yang telah datang di Indonesia, tapi jadwal diberikan kepada warga hingga minggu ini belum bisa  terlaksana. Jadi, Bagaimana dong? Dengan dikeluarkannya kebijakan jika kita bepergian ke luar kota, kita harus melakukan uji SWAP atau PCR terlebih dahulu. Kalian dan mama-papa mungkin berpikir dua kali untuk mempertimbangkannya.

Padahal liburan bisa diisi membuat projek maha penting kalian, misalnya membuat video, menyelesaikan hafalan surat pendek kalian. Kalian misalnya sudah sampai di hafalan Surat Al Ghasiyah, ayo dong motivasi diri kalian, “Aku harus hafal sampai An Naba”. Tidak berlebihan bukan? Atau kalian suka kuliner? Bisa tuh diskusi dengan mama (sambil lakukan pendekatan hehehe, agar mama mau membantu). Kalian membuat masakan atau makanan yang bisa dipamerkan sekaligus akan jadi brand kebanggaan kalian, posting di Instagram atau akun youtube kalian, ya! Bu guru mungkin akan berminat dengan produk kalian. Atau kalian suka berkebun? Kalian bisa menanam bunga kesukaan kalian. Olah raga di sekitar perumahan juga bisa dilakukan. Kalian bisa berjalan kaki atau jogging. Tetap pakai masker ya! Atau kalian suka sesuatu yang bersifat teknik? Nah rancanglah mulai dari sekarang! Bahan-bahannya? Diskusikan dengan papa atau mama, ya! Misalnya kalian ingin bikin miniature pesawat dari bahan bekas. Kenapa tidak? Atau kalian suka dengan IT? Bolah juga tuh merancang games. Pasti keren! Daripada kalian tidur, nonton tivi, tidur lagi, nonton tivi,  Hehehe. Jangan jadi anggota komunitas rebahan saja, ya!

 

Bagi yang berencana akan liburan keluar kota atau keluar negeri dan telah melakukan prosedur SWAP atau PCR. Nah, bagi kalian yang telah melakukannya dengan hasil non reaktif, bisa tetap tamasya. Asiiik! Tetap laksanakan protokol kesehatan, ya! Dengan ketentuan, antara lain :

҉     Mencuci tangan dengan sabun, jika terburu-buru pakailah hand sanitizer merata ke seluruh jemari dan punggung tangan

҉      Memakai masker sesuai dengan anjuran pemerintah, jangan pakai yang scuba atau baff, ya!

҉    Menjaga jarak. Menghindari kerumunan itu penting. Karena droplet mudah menular jika jarak kalian sangat dekat.

҉     Setelah sampai di rumah atau hotel, segera ganti baju dengan baju yang bersih. Kalau masih cukup waktu, boleh juga tuh mandi dan keramas. Huh, virusnya mati tuh karena terkena busa sabun dan sampo yang merata ke seluruh badan kalian!

҉    Unsur terpenting ketika kita mengunjungi tempat wisata adalah dokumentasi. Siapa yang tahan coba? Kita mengunjungi tempat yang wow, spot yang aduhai cantik atau eksotik, kita tidak berfoto ria?! Pasti tidaklah! Nah, saat foto biasanya kita mengatur posisi. Butuh 1-2 menit, apalagi kalau kita rombongan. Pada saat ini, tetap pakai masker, ya! Foto satu dua kali.

 

Itulah tips yang bisa kita terapkan untuk mengisi liburan menutup tahun 2020 ini. Tetaplah sehat!

 

Biodata Penulis

Nama : Muzazilah

Hobi : Membaca, menulis, memasak.

Profesi : guru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *