Playgroup dan Taman Kanak-Kanak Cakra Buana

VISI DAN MISI PGTK CAKRA BUANA

VISI

Wadah yang tepat bagi pembentukan insan Cakra Buana yang beriman dan beramal sholeh, berbudi pekerti luhur, halus tutur bahasanya, menjadi anak yang kreatif, mandiri, dan Percaya diri.

MISI

  1. Menciptakan lingkungan yang menstimulasi pemahaman terintegrasi terhadap akar budaya sendiri.
  2. Menciptakan proses belajar – mengajar yang berkesinambungan dalam pencapaian tujuan, baik dari segi karakter, maupun dari segi intelektual.
  3. Menghasilkan lulusan yang santun, kreatif, mandiri dan percaya diri.

TUJUAN

  1. Mengembangkan kurikulum dan perangkat pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
  2. Mendidik anak agar menjadi generasi yang berkualitas, berguna bagi agama, nusa dan bangsa.
  3. Meningkatkan anak untuk lebih mencintai budaya Indonesia
  4. Meningkatnya profesionalisme tenaga pendidik dalam mengelola pendidikan yang menyenangkan dan berpotensi serta berkualitas.
  5. Mengembangkan kreatifitas keterampilan anak didik untuk mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
  6. Menciptakan suasanan sekolah yang menyenangkan
  7. Mengembangkan keberanian dan kepercayaan diri siswa

 

PROFIL PG-TK CAKRA BUANA

  • Kurikulum yang di gunakan adalah kurikulum Nasional dengan pendekatan Multiple Intellegence
  • Pembelajaran di unit PG – TK Cakra Buana melayani secara individual, guru melakukan pelayanan secara individu, sehingga guru dan siswa dekat dan guru mengetahui keinginan dan kebutuhan anak dan juga gaya belajar siswa di kelas.
  • Kegiatan belajar mengajar dilakukan secara menyenangkan, dengan adanya games – games di setiap pembelajaran. Siswa juga belajar secara Konkret/nyata dan praktek langsung di pembelajaran, sehingga anak dapat mengalaminya secara langsung.
  • Aspek perkembangan dikembangkan untuk mengetahui perkembangan anak di PG – TK Cakra Buana ada 6 aspek perkembangan yang di ajarkan dan di nilai oleh guru, yaitu aspek Agama, Bahasa, Kognitif, Motorik, Sosial Emosional dan Seni.
  • Output yang di hasilkan dengan mengacu pada 6 aspek perkembangan adalah : Anak dapat membangun keterampilan komunikasi sejak dini (Bahasa), dapat berdoa dan juga mengetahui prilaku baik dan buruk (Agama) Dapat membedakan dan menjelaskan sesuatu hal (Kognitif) dapat mewarnai (motorik halus) melompat, senam (motoric kasar) dapat mengantri dan bina diri secara mandiri (social emosional) dapat menyanyikan lagu anak dan kegiatan kesenian (Seni)
  • Mengembangkan bakat minat anak dengan adanya Ekstrakulikuler ada 5 ekskul yaitu ekskul iqro (eksul wajib bagi yang muslim), ekskul melukis, ekskul menari, ekskul futsal, dan ekskul Taekwondo.
  • Memiliki lingkungan sekolah yang asri dan aman, serta fasilitas belajar yang lengkap, merupakan penunjang terlaksananya kegiatan belajar-mengajar yang kondusif.
  • Kegiatan keagamaan, baik itu Islam, Kristen dan Hindu di sediakan guru agama masing – masing, dan kegiatan belajar agama dilakukan di hari Rabu.

PELUANG

  1. Memiliki jaringan kerjasama dengan lingkungan sekitar, seperti Kelurahan dan Kecamatan Pancoranmas, serta Dinas Pendidikan Kota Depok.
  2. Dukungan Mitra Sekolah Dibuktikan dengan tingkat atensi orang tua maupun pihak-pihak ketiga yang selalu dapat membantu ketercapaian kegiatan sekolah
  3. Sarana dan Prasarana sangat memadai, PG – TK Cakra Buana memiliki daya tarik dari segi fasilitas yang tidak dimiliki sekolah lain. Pemanfaatan ruang –ruang belajar yang tidak hanya menggunakan ruang kelas namun juga pengalaman belajar di alam.
  4. Pemanfaatan media social (WEB sekolah, IF, FB dan status WA) sebagai upaya informasi kegiatan sekolah ke masyarakat luas.

 

PROGRAM UNGGULAN

PROGRAM EKSTRAKURIKULER

Ekstrakulikuler di PG – TK Cakra Buana ada 5 ekskul, yaitu ekskul iqro (eksul wajib bagi yang muslim), ekskul melukis, ekskul menari, ekskul futsal, dan ekskul Taekwondo yang dapat dipilih oleh siswa

MUSIC CLASS

Kegiatan kelas musik bersama guru musik tersendiri, siswa belajar berbagai macam alat musik baik itu alat musik tradisional maupun pianika.

   
 

KOMPUTER

Kegiatan belajar komputer di laksanakan dari kelas PG sampai TK B, siswa diajarkan mengoperasikan komputer, sehingga anak – anak dapat mengetahui dan mengembangkan IT mereka.

 
 

GURU TAMU

PG – TK Cakra Buana bekerjasama dengan orang tua mengadakan kegiatan guru tamu, dimana orang tua dari beragam profesi akan diundang ke sekolah untuk menjelaskan kepada siswa tentang profesi mereka.

 

BERKUNJUNG KE RUMAH TEMAN

3 bulan sekali siswa PG – TK Cakra Buana akan berkunjung ke salah satu rumah teman mereka, dan kegiatan KBM akan di lakukan oleh orang tua yang rumahnya di datangin, orang tua tersebut menjadi guru sehari.

ASPEK PERKEMBANGAN PG-TK CAKRA BUANA

 

ASPEK PERKEMBANGAN NORMA AGAMA

Pengembangan moral agama  sangat  erat kaitannya dengan budi  pekerti,  sikap sopan santun,  dan  kemauan  melaksanakan  ajaran  agama  dalam  kehidupan  sehari-hari. Dalam kegiatan aspek perkembangan norma agama  Metode yang dilakukan terkait  dengan  penanaman  moral, dan lebih  banyak  dilakukan melalui  pembiasaan-pembiasaan  tingkah  laku  dalam  proses  pembelajaran.

ASPEK PERKEMBANGAN MOTORIK

Aspek Perkembangan motorik terbagi menjadi motorik kasar dan halus. Di setiap kegiatan siswa dilatih dan diajarkan pengembangan motorik, yaitu motorik kasar dan motorik halus.

    

ASPEK PERKEMBANGAN BAHASA

Aspek Perkembangan kemampuan berbahasa di TK bertujuan agar anak didik mampu berkomunikasi secara lisan dengan lingkungannya (lingkungan ternan sebaya, ternan bermain, orang dewasa, baik yang ada di rumah, di sekolah, maupun dengan tetangga di sekitar tempat tinggalnya).

ASPEK PERKEMBANGAN SENI

Pembelajaran Seni di unit PG – TK Cakra Buana meliputi kemampuan mengeksplorasi dan mengekspresikan diri, berimajinasi dengan gerakan, musik, drama, dan beragam bidang seni lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan), serta mampu mengapresiasi karya seni, gerak dan tari, serta drama.

 

ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF

Perkembangan kemampuan kognitif adalah bagaimana anak mampu mencari tahu, berpikir, dan mengeksplorasi sesuatu. Ini adalah perkembangan aspek-aspek penting pada anak, seperti pengetahuan, kemampuan, mengatasi masalah, dan watak, yang akan membantu mereka untuk berpikir dan memahami dunia di sekitar mereka. Siswa PG – TK di ajarkan secara Konkret, yaitu melihat secara langsung dan mengalaminya, sehingga dapat dengan mudah di terima dan dipahami oleh anak.

 

ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL

Perkembangan sosial anak adalah proses belajar dalam berinteraksi dengan orang lain. Selain mengembangkan rasa kemandiriannya, ia juga belajar bersosialisasi dengan anak seusianya. Perkembangan emosional anak adalah salah satu tahap tumbuh kembang anak untuk berinteraksi dengan orang lain dan mengendalikan emosi sendiri. Dalam perkembangan emosional, anak mulai belajar menjalin hubungan dengan teman dan lingkungannya.

QUESTIONS & ANSWER

USIA BERAPA UNTUK MASUK KE PG DAN TK CAKRA BUANA ?
1.Untuk masuk ke Play Group usia 3 tahun ( usia 2 tahun sudah bisa dengan catatan di Play Groupnya belajar selama 2 tahun )
2.Usia untuk masuk ke TK A adalah minimal 4 tahun di bulan Juli
3.Usia Masuk ke TK B adalah minimal 5 tahun di bulan Juli

BAHASA PENGANTAR SAAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ?
Bahasa pengantar sehari – hari saat kegiatan pembelajaran di PG – TK Cakra Buana adalah Bahasa Indonesia (Bahasa Ibu) tujuannya adalah agar anak – anak paham dan mengerti Bahasa Indonesia yang memang di gunakan untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya.

HARI APA SAJA SEKOLAHNYA DAN JAM BERAPA SEKOLAHNYA ?
1. Siswa Play Group masuk seminggu 3 x (Senin, Rabu, Kamis / Selasa, Rabu, Jumat), dengan jam masuk di 08,00 s/d 10.30 WIB
2. Siswa TK masuk Senin – Jumat, dengan jam masuk di 07.30 s/d 10.30 WIB

KURIKULUM YANG DI GUNAKAN DI PG – TK CAKRA BUANA ?
Kurikulum yang di gunakan PG – TK Cakra Buana adalah kurikulum Nasional, Kurikulum 2013 berdasarkan Tema Pembelajaran yang dekat dengan keseharian anak, dan pengembangan di beberapa Aspek, seperti Iman dan Taqwa, dan Musik.

BAGAIMANA MODEL PEMBELAJARAN DI PG – TK CAKRA BUANA ?
Model pembelajaran yang di gunakan PG – TK Cakra buana berdasarkan kelompok dengan kegiatan pengaman, yaitu pola pembelajaran dimana anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok, biasanya anak dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok, dan masing-masing kelompok melakukan kegiatan yang berbeda-beda. Dalam satu kali pertemuan, anak harus menyelesaikan 2 – 3 kegiatan dalam kelompok secara bergantian.

APAKAH ADA TES SELEKSI UNTUK MASUK KE PG-TK CAKRA BUANA?

1. PG Cakra Buana tidak menerapkan tes seleksi sebagai syarat rekruitmen siswa, jadi orang tua bisa langsung mendaftarkan anaknya langsung ke sekolah Cakra Buana.
2. TK Cakra Buana tidak menerapkan tes seleksi sebagai syarat rekruitmen siswa, setelah siswa mendaftar, selanjutnya akan dilakukan psikotes dengan psikolog yang berpengalaman untuk mengetahui potensi dan kecendrungan belajar siswa, sehingga guru dapat memberikan pendekatan yang tepat bagi anak dalam proses pendidikan di sekolah, dan saat di adakan psikotes orang tua juga akan di wawancarai oleh psikolog.

APAKAH SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS BELAJAR BERSAMA DI SATU KELAS DENGAN SISWA LAIN?
Iya, Siswa berkebutuhan khusus dengan siswa regular berlajar bersama di satu kelas dengan di dampingi guru Shadow-nya. Pada jadwal yang sudah ditentukan setiap harinya, siswa berkebutuhan khusus akan mengikuti program penguatan individu dengan Tim Intervensi sekolah Cakra Buana.

APA SAJA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER YANG ADA DI PG-TK CAKRA BUANA ?
• Iqra
• Melukis
• Menari
• Taekwondo
• Futsal

BERAPA JUMLAH SISWA DALAM SATU KELAS DAN BERAPA JUMLAH GURUNYA ?
1. Jumlah siswa di kelas Play Group adalah 16 siswa dan di bagi 2 kelompok (siswa masuk seminggu 3x) jumlah guru ada 2, terdiri dari Wali kelas dan 1 team teaching
2. Jumlah siswa di TK Cakra Buana adalah 15 siswa, jumlah guru ada 2, terdiri dari Wali kelas dan 1 team teaching