SD Cakra Buana

VISI DAN MISI

VISI

       Wadah pembentukan generasi santun, kreatif, dan berbudaya sesuai perkembangan zaman.

MISI

  1. Membentuk pondasi iman dan taqwa sebagai landasan utama untuk melaksanakan kehidupan sehari-hari.
  2. Menstimulasi rasa ingin tahu untuk meningkatkan penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Memberikan keterampilan dasar dalam bidang IPTEK dan seni budaya yang berkesinambungan
  4. Membimbing dan memfasilitasi pengembangan SQ, EQ, IQ untuk membentuk lulusan yang santun dan tidak gentar menghadapi tantangan zaman.

TUJUAN

  1. Mengamalkan ajaran agama dari hasil proses belajar dan pembiasaan sehari-hari
  2. Mengembangkan berbagai kegiatan dan pembiasaan dalam proses belajar mengajar di kelas, berbasis pendidikan budaya dan karakter bangsa.
  3. Mengembangkan budaya sekolah yang kondusif untuk mencapai tujuan pendidikan dasar.
  4. Meraih prestasi akademik dan non akademik
  5. Menguasai dasar-dasar IPTEK sebagai bekal untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.
  6. Memanfaatkan dan memelihara fasilitas untuk sebesar-besarnya dalam proses pembelajaran
  7. Menjadi sekolah yang diminati masyarakat.

 

PROGRAM UNGGULAN

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

SD Cakra Buana menawarkan 17 cabang ekskul yang dapat diikuti. Mulai dari bidang keagaaman, olahraga, seni, dan teknologi. Cabang ekskul yang beragam memberikan keluasan siswa untuk mencoba banyak hal guna mengenali minat dan bakatnya.

 

GURU TAMU

Belajar dari banyak orang baru dengan latar belakang yang berbeda, memperkaya pengalaman belajar siswa. Guru tamu bisa datang dari orang tua dengan ragam profesinya, maupun dari pihak di luar sekolah, seperti yang pernah dilakukan yaitu mendatangkan mahasiswa asing yang tergabung dalam ISA (International Students Association).

FESTIVAL CILIK

Ajang tahunan sebagai wadah bagi siswa untuk menunjukkan kebolehannya, baik dalam bentuk kompetisi maupun performance. Program ini melibatkan pihak luar untuk turut memeriahkan acara. Kompetisi yang dilakukan juga terbuka untuk siswa di luar Cakra Buana. Festival Cilik menjadi ajang silaturahmi antara masyarakat Depok dan sekitarnya, dengan Sekolah Cakra Buana.

KHATAM DAN TAHFIZ QURAN

Lulusan SD Cakra Buana yang beragama Islam, diharapkan mampu membaca Quran dengan baik dan khatam Quran minimal menjelang kelulusan.

LITERASI BUANA

Literasi Buana adalah bentuk Gerakan Literasi Sekolah di SD Cakra Buana yang dikemas adalam beberapa aktivitas. Secara rutin siswa membaca buku bersama setiap hari, baik di hall sekolah, maupun di kelas. Dilanjut dengan pembuatan resensi buku dan menceritakan kembali cerita dalam buku. Untuk siswa kelas 3 sampai 6, setiap tahun dibimbing membuat buku kompilasi tulisan, baik fiksi maupun non fiksi.

DOKTER KECIL

Dokter Kecil adalah organisasi siswa yang menjadikan anggotanya sebagai teladan pelaksanaan pola hidup bersih dan sehat di sekolah. Setiap tahun, perekrutan dilakukan untuk kaderisasi, melalui pembekalan dan pelantikan Dokter Kecil di tingkat Kecamatan Pancoran Mas.

POJOK USAHA SISWA

Menumbuhkan jiwa interpreneurship sejak dini adalah tujuan utama program Projok Usaha Siswa. Ajang di mana siswa berperan sebagai pengusaha cilik yang menjual karyanya, baik dalam bentuk cinderamata maupun masakan atau minuman.

ASSEMBLY DAN PRESENTATION DAY

Assembly dan Presentation Day adalah program tahunan yang dilakukan dalam kemasan drama musikal berbahasa Inggris. Menyadari bahwa keterampilan berbahasa Inggris harus dikuasai siswa, sebagai  salah satu modal untuk dapat bersaing di kancah global. Lewat Assembly dan Presentation Day anak-anak mengasah kemampuan berbahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

LATIHAN KEMANDIRIAN

Latihan kemandirian adalah program yang dikemas secara berkesinambungan sepanjang siswa belajar di SD Cakra Buana. Ada tiga tingkatan Latihan Kemandirian yang harus diikuti siswa, mulai dari Latihan Kemandirian Tingkat Pemula (LKTP) untuk siswa kelas 1 dan 2, Latihan Kemandirian Tingkat Menengah (LKTM) untuk siswa kelas 3 dan 4, terakhir adalah Latihan Kemandirian Tingkat Atas (LKTA) untuk siswa kelas 5 dan 6.

RAMADHAN CERIA

Ramadhan Ceria adalah program tahunan yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa. Bukan hanya bagi siswa Muslim, tapi siswa beragama non Muslim pun diberikan penguatan keimanan oleh guru agama masing-masing. Adapun kegiatan yang dilakukan berupa mabid, bakti sosial, buka puasa bersama, dan performance bernuansa toleransi beragama.

BERKEBUN

Kecintaan terhadap lingkungan harus ditumbuhkan sejak dini. Berkebun adalah satu bentuk gerakan cinta lingkungan yang dapat diterapkan siswa baik di rumah, maupun di sekolah. SD Cakra Buana menyediakan lahan di mana siswa dapat mempraktikan kegiatan menanam sayuran dan buah-buahan. Merawatnya setiap hari, sampai dengan memanen hasilnya.

QUESTIONS & ANSWER

  • Apakah ada tes  seleksi untuk masuk ke SD Cakra Buana? SD Cakra Buana tidak menerapkan tes seleksi sebagai syarat rekruitmen siswa. Setelah siswa mendaftar, selanjutnya akan dilakukan psikotes sebagai upaya untuk mengetahui potensi dan kecenderungan belajar siswa. Sehingga guru dapat memberikan pendekatan yang tepat dalam proses pendidikan di sekolah.
  • Apakah siswa berkebutuhan khusus belajar bersama di satu kelas dengan siswa lainnya? Iya. Siswa berkebutuhan khusus dengan siswa reguler belajar bersama di satu kelas dengan didampingi guru shadow-nya. Pada jadwal yang sudah ditentukan setiap harinya, siswa berkebutuhan khusus akan mengikuti program penguatan individu dengan Tim Intervensi SD Cakra Buana.
  • Bagaimana pembelajaran di SD Cakra Buana saat BDR? Di saat BDR, pembelajaran dilakukan melalui daring, dengan menggunakan beberapa media, seperti Google Classroom, Google Meet, Zoom, video call, atau aplikasi lain yang dapat menunjang pembelajaran daring. Selain itu, untuk tugas luring, setiap minggu siswa akan mendapatkan tugas berupa projek, latihan dari buku, tugas form, dan lembar kerja.
  • Bagaimana sekolah menangani siswa yang mengalami kesulitan belajar? SD Cakra Buana memiliki program penguatan personal kepada siswanya yang bukan hanya  memiliki kendala akademik, namun juga non akademik. Penguatan dapat dilakukan oleh wali kelas, guru, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, atau kepala sekolah.
  • Bagaimana metode belajar di SD Cakra Buana? Metode belajar yang diterapkan SD Cakra Buana berpusat pada siswa (student center). Guru berperan sebagai fasilitator yang mendorong siswa melakukan eksplorasi bahan belajar dari sumber belajar di sekitarnya.
  • Apa kurikulum yang diterapkan di SD Cakra Buana? SD Cakra Buana menerapkan kurikulum nasional dengan pengembangan di beberapa aspek, seperti iman dan taqwa, Bahasa Inggris, gamelan, dan degung.
  • Apa bahasa  pengantar yang digunakan di SD Cakra Buana? Bahasa pengantar yang digunakan di SD Cakra Buana adalah bahasa Indonesia.
  • Apa saja kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SD Cakra Buana?  Ada 17 cabang kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan di SD Cakra Buana, yaitu :
17 cabang ekstrakurikuler

*Iqro

*Melukis

*Panahan

*Basket

*Sains

*Musik

*Wushu

*Futsal

*Robotic

*Menari

*Beladiri

*CB English

*Komputer

*Drumband

*Taekwondo

*Pramuka

*Art Club

  • Berapa orang guru dalam satu kelas? Di SD Cakra Buana, setiap kelas terdiri dari 1 wali kelas dan 1 orang teaching team.
  • Apa bentuk apresiasi sekolah terhadap siswa yang berprestasi? Sekolah Cakra Buana memberikan penghargaan dalam bentuk beasiswa free SPP selama tiga bulan kepada tiga siswa yang dinilai memenuhi kriteria kehadiran 100%, prestasi akademik dan non akademik, dan sikap serta keaktfian dalam mengikuti program sekolah.
  • Bagaimana penguatan keagamaan di SD Cakra Buana yang memiliki siswa dengan ragam agama yang berbeda?SD Cakra Buana meyakini pentingnya penguatan iman dan takwa sebagai fondasi utama pembentukan karakter siswa. Pembiasaan ibadah harian yang dilakukan dan dipandu sesuai dengan agamanya, menjadi upaya menanamkan nilai-nilai agama sejak dini. Selain itu, pembiasaan berinteraksi dan tumbuh dalam kondisi sosial yang heterogen, berteman dengan pemeluk agama yang berbeda, menjadi proses untuk menumbuhkembangkan sikap toleransi terhadap sesama. Bekal yang sangat mahal untuk generasi Indonesia masa depan.